Ternyata Begini Cara Membersihkan Sepatu Running Asics yang Benar

Rekomendasi 5 Seri Sepatu Running Asics Terbaik - Berita Bersatu

Asics dibuat oleh Kihachiro Onitsuka pada tahun 1949. Pada awalnya, mereka fokus pada sepatu basket, tetapi kemudian mereka mulai membuat jenis alas kaki lainnya.

Salah satu desain ikonik mereka adalah Mexico 66, yang dikenal karena garis-garis bersilangan di atasnya. Meskipun asalnya populer di Jepang, Asics juga sukses di Amerika Utara dan Eropa dan tidak ketinggalan di Indonesia.

Salah satu jenis sepatu favoritenya adalah sepatu running. Harga sepatu running Asics ini tentu saja tidak murah, jadi Anda harus merawatnya dengan benar supaya sepatunya bisa awet. Bagi Anda yang bingung bagaimana cara merawat sepatu running Asics yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Membersihkan Sepatu Running Asics

  • Segera Hilangkan Kotoran

Setelah selesai pakai sepatu, contohnya setelah lari di alam bebas, lebih baik langsung bersihkan dari lumpur atau pasir sebelum mengeras. Cukup pakai sikat gigi bekas, air hangat, dan sabun yang lembut. Saat bersihkan, gunakan kain yang basah atau lembab ya.

  • Pisahkan Bagian¬†Insole-Nya

Kalau bisa, lepaskan dulu bagian dalam sepatunya, seperti sockliner atau insole, lalu cuci terpisah. Cara ini bikin bagian dalam sepatu jadi lebih bersih dan harum. Jangan lupa juga lepas tali sepatunya, lalu cuci terpisah ya.

  • Keringkan Secara Alami

Untuk menghindari sepatu lari berubah bentuk, lebih baik tidak menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.

Nah, sebagai gantinya, buka aja lidah sepatunya dan masukkan kertas dapur atau koran bekas. Kertas ini bakal menyerap kelembapan di dalam sepatu. Biasanya, sekitar 12 jam lah waktu yang dibutuhkan agar sepatu bisa kering dengan sendirinya.

  • Menggunakan Produk Pembersih Yang Tepat

Saat mencari produk pembersih khusus untuk sepatu suede, penting untuk memilih yang terbuat dari bahan silikon Mengapa? Karena menggunakan produk yang mengandung silikon akan memberikan perlindungan ekstra terhadap bahan sepatu Anda.

Selain itu, bahan silikon juga dapat membantu mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada permukaan sepatu, sehingga sepatu Anda tetap terjaga dengan baik dan tampilannya pun tetap menarik.

  • Cuci denan Spary Khusus

Gimana kalau kamu lagi males mencuci sepatu running Asics tapi pengen bau sepatu kamu tetap enak? Gak masalah, ada solusinya! Kamu bisa pakai spray khusus sepatu, lho. Cukup semprot aja ke dalam sepatu, dan voila! Bau tak sedapnya langsung hilang. Selain itu, spray ini juga bisa mencegah bau kembali muncul di sepatu kamu. Praktis banget, kan?

  • Jangan Cuci dengan Mesin Cuci

Secara umum, tidak disarankan membersihkan sepatu running Asics dengan cara dimasukkan ke dalam mesin cuci. Ini karena ada material di dalam sepatu yang tidak tahan panas atau direndam dalam air. Meskipun begitu, selalu ikuti petunjuk pembersihan yang tertera pada sepatu Anda. Beberapa jenis sepatu memang bisa dicuci dengan mesin cuci.

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, kamu dapat yakin bahwa sepatu running Asicsmu akan tetap awet dan nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Menjaga kebersihan sepatu bukan hanya akan membuatnya terlihat bagus tetapi juga akan meningkatkan kenyamanan dan performa saat kamu berlari.

Ingatlah untuk selalu membersihkan sepatu secara hati-hati, menghindari penggunaan mesin cuci atau pengering, dan menggunakan produk pembersih yang tepat sesuai dengan jenis bahan sepatu kamu. Dengan begitu, kamu bisa terus menikmati pengalaman berlari yang menyenangkan dan aman tanpa perlu khawatir tentang kondisi sepatu.

Jadi, jaga kebersihan sepatu Asicsmu dengan baik, dan mereka akan tetap setia menemanimu menaklukkan setiap rute lari yang kamu pilih.